Serunya Car Free Day

Serunya Car Free Day

Sudah nggak asing dong, dengan program Car Free Day (CFD)? Program yang diadakan pada minggu kedua dan keempat setiap bulan ini, adalah upaya mengurangi polusi di jalan raya. Kenapa? Karena, 70% penyebab polusi udara berasal dari kendaraan bermotor, terutama kendaraan pribadi di jalan raya. Wuih, gawat!

Di Indonesia, CFD yang berlangsung dari pukul 06.00 hingga pukul 14.00 ini, baru dilaksanakan di beberapa kota besar. Tapi, efeknya sudah berasa banget! Salah satunya adalah berkurangnya kadar CO (karbon monoksida), yaitu zat berbahaya dari knalpot kendaraan yang beracun bagi paru-paru kita, sebanyak 90% di Jl.Sudirman, Jakarta. Sedangkan kadar CO di Jl. Raya Darmo, Surabaya berkurang hingga tinggal 0.01% setelah diadakan CFD. Yuk, kita dukung CFD, supaya pemanasan global bisa berkurang.

Kita juga bisa berpartisipasi dengan melakukan beberapa aktivitas seru seperti jogging bareng sobat dan keluarga, main sepeda (mengingat jalur CFD panjang banget, naik sepeda bisa bikin kita nggak cepat capek), roller blade (jalanannya kan mulus, pas banget buat ?kebut-kebutan? naik roller blade. Kita juga bisa ikutan senam aerobic yang banyak digelar di sepanjang jalan ini. Eh, ada bazaarnya juga, lho! Sambil olahraga, bisa sekalian cuci mata juga deh.

Tapi jangan lupa, meskipun free, tetap ada tata tertibnya, lho.
»Buang sampah pada tempatnya. Penting banget nih! Karena, sampah yang berceceran juga memberikan kontribusi buat polusi.
»Taati aturan lalu lintas. Kadang, ikutan CFD bikin kita merasa memiliki seluruh jalanan. Padahal, di area CFD masih ada beberapa ruas jalan yang boleh dilewati kendaraan. Nggak mau terjadi kecelakaan, kan?
»Ikuti aturan CFD. Yaitu, aturan pembagian ruas jalan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda. Biar kita sama-sama nyaman di CFD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar